just check !

Sabtu, 10 Januari 2015

Tugas Bahasa Indonesia 1 # (3)

RICKY REYHANDIKA ROUZY
3KA27 / 16112291

SOAL : buatlah kerangka pemikiran penelitian sesuai dengan jurusan kalian.
              ( SISTEM INFORMASI )

JAWAB :



Kualitas Informasi tergantung dari 3 hal, yaitu informasi harus :

1. Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bisa atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.

2. Tepat pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.

3. Relevan, berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.

Dari 3 hal tersebut maka akan di dapatkan sebuah nilai dari informasi tersebut. Nilai informasi ditentukan dari dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.

Pengembangan sistem informasi perencanaan kebutuhan tenaga kesehatan puskesmas di Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, ini menggunakan pendekatan sistem seperti pada gambar dibawah ini.

Kerangka Pikir Pengembangan Sistem Informasi Perencanaan Kebutuhan Tenaga kesehatan Puskesmas di Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung

              INPUT                                         PROSES                                     OUTPUT

           
Pada komponen masukkan (input) mengandung data kunjungan pasien, data tenaga kesehatan puskesmas. Data diperlukan untuk menghasilkan informasi yang akan diolah produk sistem informasi perencanaan tenaga kesehatan di Puskesmas pada Kota Bandar Lampung.
            Pada tahapan proses yang akan dilalui oleh komponen masukkan untuk menghasilkan keluaran meliputi pengumpulan data, pengiriman data, pengolahan data dan analisis data serta presentasi data, yang merupakan proses dari suatu sistem informasi yang akan menghasilkan informasi sebagai produk akhir.
            Komponen keluaran (output) merupakan hasil dari produk komponen masukkan dan komponen proses berupa indikator dan produk informasi yang diharapkan berguna dalam pemantapan pengembangan sistem informasi perencanaan tenaga kesehatan di Puskesmas pada Kota Bandar Lampung.

3.2 Definisi Operasional
  1. Data kunjungan pasien adalah rekapilutasi jumlah pasien yang datan ke puskesmas baik pasien baru maupun pasien lama yang tercatat pada daftar kunjungan yang direkap pada LB4
  2. Data tenaga kesehatan puskesmas adalah data yag diperoleh dari bagian kepegawaian Dinas Kota Bandar Lampung meliputi jumlah dan  jenis pegawai yang ada di setiap puskesmas
  3. Data jumlah penduduk adalah data penduduk perwilayah kerja puskesmas
  4. Pengumpulan data adalah seluruh proses bagaimana data didapatkan mencakup mekanisme, format, sumber dan tenaga yang terlibat
  5. Pengiriman data adalah proses bagaimana data terkirim dan waktu pengiriman ke server Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung
  6. Pengolahan data adalah yang terkirim direkap, diolah menjadi data informasi
  7. Analisis adalah data yang telah diolah kemudian dikaji menurut kebutuhannya
  8. Kebutuhan tenaga kesehatan beban kerja adalah jumlah SDM perkategori yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pelayanan di Puskesmas per Unit Pelayanan.
  9. Kuantitas kegiatan pokok adalah banyaknya kegiatan pelayanan yang telah dilaksanakan ditiap unit kerja selama kurun waktu satu tahun per kategori SDM
  10. Standar beban kerja adalah volume/kuantitas beban kerja selama kurun waktu satu tahun per kategori SDM
  11. Standar kelonggaran adalah volume/kuantitas kegaiatan yang terkait atau tidak terkait langsung dengan kegiatan pelayanan meliputi jenis kegiatan, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kegiatan perkategori SDM selama kurun waktu satu tahun
  12. Kebutuhan SDM berdasarkan beban kerja adalah jumah SDM per Kategori yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pelayanan di puskesmas per unit pelayanan
  13. Kuantitas kegiatan pokok adalah banyaknya kegiatan pelayanan yang telah dilaksanakan di setiap unit kerja selama kurun waktu  satu tahun per kategori SDM
  14. Standar beban kerja adalah volume/kuantitas beban kerja selama kurun waktu satu tahun per kategori SDM
  15. Standar kelonggaran adalah volume/kuantitas kegiatan yang terkait atau tidak terkait langsung dengan kegiatan pelayanan meliputi jenis kegiatan, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kegiatan per kategori SDM selama kurun waktu satu tahun
ssource : http://alisarjunip.blogspot.com/2013/07/kerangka-fikir-pengembangan-sistem.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar