Ricky Reyhandika Rouzy
4KA27 - 16112291
1.
Jelaskan tentang pemahaman open service gateway initiativies (OSGI) dan
gambarkan bagan arsitekturnya
Open Service Gateway
Initiative (OSGi) adalah sebuah system dan aplikasi interoperability berbasis
komponen platform yang terintegrasi. OSGi merupakan system modul dinamik untuk
Java. Teknologi OSGi adalah Universal Middleware. Teknologi OSGi menyediakan sebuah
service-oriented, lingkungan yang berbasis komponen untuk pengembang dan
menawarkan jalan standard untuk mengatur siklus hidup software. Kemampuan ini
dapat menambah nilai jangkauan dari computer dan peralatan yang menggunakan
platform Java dengan sangat hebat. Teknologi OSGi mengadopsi keuntungan dari
menambah time-to-market dan mengurangi biaya pengembangan karena teknologi OSGi
menyediakan subsistem komponen yang terintegrasi dari pre-build dan pre-tested.
Teknologi ini juga mengurangi biaya perawatan dan memberikan kesempatan
aftermarket yang baru dan unik karena jaringan dapat digunakan untuk update
secara dinamik dan mengirimkan service dan aplikasi di lapangan.
OSGi adalah sebuah set spesifikasi yang mendefinisikan
sebuah komponen system dinamik untuk Java. Spesifikasi ini memungkinkan sebuah
model pengembangan dimana aplikasi (secara dinamik) terdiri dari berbagai
komponen yang berbeda. Spesifikasi OSGi memungkinkan komponen-komponennya untuk
menyembunyikan implementasinya dari komponen lainnya ketika berkomunikasi
melalui services dimana biasanya ketika hal ini berlangsung implementasi antar
komponen dapat terlihat jelas. Model yang simple ini telah jauh mencapai efek
dari segala aspek dari proses pengembangan software.
Lapisan OSGi
Lapisan OSGi
Model lapisan dari OSGi adalah sebagai berikut :
Definisi :
a. Bundles
: bundles adalah komponen OSGi yang dibuat oleh pengembang/developer.
b. Services
: lapisan service menghubungkan bundles dalam sebuah jalan dinamik dengan
menawarkan model publish-find-bind untuk
objek Java yang lama.
c. Life
Cycle : API untuk menginstall, memulai, menghentikan, update dan menguninstall
bundles.
d. Modules
: lapisan yang menjelaskan bagaimana bundles dapat mengimport dan
mengexport kode.
e. Security
: Lapisan yang memegang aspek keamanan.
f. Execution
Environment : menjelaskan class dan method apa yang ada di platform.
Kolaborasi
Antar muka Otomotif Multimedia
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah
sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat (maker) untuk menciptakan standar umum
yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik,
seperti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi dengan kendaraan. Dan memiliki
anggota: Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA
Peugeot-Citroen, Renault. Sedangkan pengertian AMI-C adalah organisasi global
yang mewakili mayoritas dunia produksi kendaraan. AMI-C mengembangkan dan
standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif antarmuka untuk
kendaraan jaringan komunikasi.
Tujuan dari kolaborasi antar muka otomotif multimedia
Tujuan dari kolaborasi antar muka otomotif multimedia
Menyediakan interface standar untuk memungkinkan
pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat
komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui
manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis,
untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan
untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan
diagnostik input / output
Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan
peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan
memperpendek waktu pengembangan – industri otomotif efektif terdiri dari banyak
pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit
Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk
informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar “AMIC
telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini
dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai
persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan
mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah
saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk
menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan
kita bersama-sama. ” Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok
yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan
saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi:
BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan,
PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan
kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa
depan.
2.
Bagaimana kolaborasi antarmuka otomotif multimedia (automotive multimedia
interface colaboration)
Kolaborasi antar-muka otomatif multimedia atau dalam
bahasa inggris disebut Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C).
Kika kita definisikan kata-kata di dalamnya, terdapat kata otomotif, menurut
wikipedia, otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi
darat yang menggunakan mesin, terutama mobil dan sepeda motor. Maka dapat
disimpulkan bawa AMI-C berhubungan dengan interface & multimedia dalam
dunia transportasi.
AMI-C adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk
menetapkan standarisasi yang digunakan untuk mengatur bagaimana perangkat
elektronik dapat bekerja seperti komputer & alat komunikasi pada kendaraan,
sehingga alat-alat elektronik tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai
dengan kendaraan. Karena belum tentu alat-alat elektronik tersebut sesuai
(compatible) dengan setiap kendaraan (mobil) oleh karena itu diperlukan standar
agar perangkat elektronik tersebut tidak mengganggu kerja sistem mobil.
Sejarah
AMI-C
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan
bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di
dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General
Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan
dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set
umum industri mobil. Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di
belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat
produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu
memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru.
Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi
seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan
untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.
A. Arsitektur
Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
Depan yang berbeda, The Otomotif
Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumka seluruh dunia cipta penugasan
dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394
AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
1.
AMI-C
3023 Power Management Specification.
2.
AMI-C
3013 Power Management Architecture.
3.
AMI-C
2002 1.0.2 Common Message Set Power Management.
4.
AMI-C
3034 Power Management Test Documents.
5.
AMI-C
4001 Revision Physical Specification.
B. Fungsional
Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
Antarmuka Otomotif Multimedia Telematika yang
dimaksud disini adalah Automotive Multimedia Interface Collaboration atau yang
lebih dikenal dengan singkatan AMI-C, adalah suatu bentuk pengembangan dan
stadarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif untuk kendaraan
antarmuka jaringan komunikasi. Adapun tujuan dari adanya AI-C ini adalah :
1. Untuk
menyediakan interface yang berstandar, sehingga memungkinkan seorang pengendara
kendaraan (mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai media,
komputer, perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfreeyang biasa
digunakan pada telepon selular.
2. Untuk
meningkatkan berbagai macam pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga
untuk mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
3. Untuk memotong
biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan dan juga peralatan
hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu
pengembangan industri otomotif efektif. Karena banyak jumlah
kendaraan yang sering mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan
platfor yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
4. Untuk menawarkan
standar terbuka dan spesifikasi bagi informasi interface dalam kendaraan dan
antara kendaraan dengan dunia luar.
Pada dasarnya kolaboasi antarmuka otomotif multimedia
itu sendiri adalah sebuah organisasi yang mana organisasi ini dibentuk guna
menciptakan standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah
perangkatelektronik dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan. Dimana setiap
alat elektronik ini harus dapat bekerja dengan selaras sehingg kendaraan dapat
lebih handal ketika digunakan. Sebelum memasang perangkat ini, alangkah baiknya
untuk terlebih dahulu mencocokkan dengan jenis atau tipe kendaraan yang
digunakan, karena pada dasarnya belum tentu perangkat yang akan dipasang akan
selalu cocok dengan kendaraan yang digunakan, karena itulah perlu dibuat
standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia. Sudah terdapat beberapa anggota
yang aktif dalam organisasi Automotive Multimedia Interface Collaboration
(AMI-C), diantaranya adalah Fiat, Ford, General Motors, Mitsubishi,
Nissan, PSA Peugeot-Cotroen, dan Renault.
C. Struktural
Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah
Sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat (maker) untuk menciptakan standar umum
yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik,
seperti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi dengan kendaraan. Dan memiliki
anggota: Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA
Peugeot-Citroen, Renault. Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk
menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik.
Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo;
dan Maret 9 di Detroit.
3.
Jelaskan proses komunitas JAVA (Java Comunity Proses JCT)
Java dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton,
Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari Sun Microsystems, Inc pada tahun
1991. Mereka membutuhkan kurang lebih 18 bulan untuk membuat versi pertamanya.
Bahasa ini pada awalnya disebut “Oak” tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada
tahun 1995 karena nama Oak telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai
bahasa pemrograman lainnya.
Sebagai sebuah platform, JAVA terdiri atas 2 bagian
utama, yaitu :
1.Java Virtual Machine (JVM) : Merupakan aplikasi
sederhana yang ditulis dalam bahasa C untuk mengeksi program yang ditulis dalam
bahasa Java. Pada saat kompilasi (perubahan dari bahasa tingkat tinggi ke
bahasa lebih rendah), program tersebut diubah menjadi KODE BYTE. Kemudian pada
saat eksekusi, JVM membaca kode byte tersebu dan mengubahnya menjadi bahasa
mesin yang dimengerti oleh sistem operasi tempat program tersebut dijalankan.
2. Java Application Programming Interface (JavaAPI) : Merupakan komponen- komponen dan kelas JAVA yang sudah jadi, yang memiliki berbagai kemampuan. Kemampuan untuk menangani objek, string, angka, dsb. Java API terdiri dari tiga bagian utama:
Pada Java API ini juga ditawarkan beberapa fitur menarik yang dapat digunakan oleh user yang sedang berkecimpung di dunia Java. Beberapa fitur tersebut adalah :
2. Java Application Programming Interface (JavaAPI) : Merupakan komponen- komponen dan kelas JAVA yang sudah jadi, yang memiliki berbagai kemampuan. Kemampuan untuk menangani objek, string, angka, dsb. Java API terdiri dari tiga bagian utama:
Pada Java API ini juga ditawarkan beberapa fitur menarik yang dapat digunakan oleh user yang sedang berkecimpung di dunia Java. Beberapa fitur tersebut adalah :
1. Applet
2. Java Networking
3. Java Database Connectivity (JDBC)
4. Java Server Pages (JSP)
5. Java Card
Java Community Process (JCP) Program Management Office
(PMO) sangat tertarik untuk mengumumkan upgrade ke jcp.org baru-baru ini
meluncurkan situs web. Setelah web rumah masyarakat benar-benar dirombak dan
dirilis pada bulan Juni 2009, bekerja terus di belakang layar untuk menambah,
meningkatkan, dan memperbaiki fungsi dan kegunaannya. Anggota PMO berfungsi
sebagai tim proyek untuk mendefinisikan dan menyelesaikan pekerjaan.
Program yang JCP komunitas pengguna telah membantu dalam memberikan umpan balik pada situs web. Banyak fitur baru dan perbaikan bug pada awalnya diusulkan atau diidentifikasi oleh pengguna. Beberapa implementasi tersebut akan segera jelas. Sebagai contoh, semua wiki dan papan sekarang mencakup satu cara bagi pengguna untuk memberikan pendapat mereka yang cepat konten dengan menghadiahi setiap item dengan nilai, dengan memilih jumlah bintang tertentu. Selain itu, semua papan diskusi publik dan wiki termasuk RSS tombol untuk memungkinkan pengguna untuk berlangganan pembaruan konten. Karena pengaturan keamanan dan persyaratan browser, RSS feed fitur ini hanya bekerja jika SSL diaktifkan. Misalnya, fitur RSS melakukan kerja dengan Firefox.
Berbagai bug telah diperbaiki dan navigasi juga telah diperbarui untuk mengatur informasi yang tersedia. Ini adalah langkah inkremental lain sepanjang perjalanan untuk meningkatkan jcp.org. Dalam bulan-bulan mendatang, sebagai masyarakat terus menyarankan perubahan dan perangkat tambahan, upaya akan terus memperbaiki situs.
Program yang JCP komunitas pengguna telah membantu dalam memberikan umpan balik pada situs web. Banyak fitur baru dan perbaikan bug pada awalnya diusulkan atau diidentifikasi oleh pengguna. Beberapa implementasi tersebut akan segera jelas. Sebagai contoh, semua wiki dan papan sekarang mencakup satu cara bagi pengguna untuk memberikan pendapat mereka yang cepat konten dengan menghadiahi setiap item dengan nilai, dengan memilih jumlah bintang tertentu. Selain itu, semua papan diskusi publik dan wiki termasuk RSS tombol untuk memungkinkan pengguna untuk berlangganan pembaruan konten. Karena pengaturan keamanan dan persyaratan browser, RSS feed fitur ini hanya bekerja jika SSL diaktifkan. Misalnya, fitur RSS melakukan kerja dengan Firefox.
Berbagai bug telah diperbaiki dan navigasi juga telah diperbarui untuk mengatur informasi yang tersedia. Ini adalah langkah inkremental lain sepanjang perjalanan untuk meningkatkan jcp.org. Dalam bulan-bulan mendatang, sebagai masyarakat terus menyarankan perubahan dan perangkat tambahan, upaya akan terus memperbaiki situs.
4.Jelaskan
dan gambarkan bagaimana teknologi virtual machine dan cara mengetahui APIS
Virtual machine (VM) adalah suatu environment,
biasanya sebuah program atau system operasi, yang tidak ada secara fisik tetapi
dijalankan dalam environment lain. Dalam konteks ini, VM disebut “guest” sementara
environment yang menjalankannya disebut “host”. Ide dasar dari virtual machine
adalah mengabtraksi perangkat keras dari satu komputer (CPU, memori, disk, dst)
ke beberapa environment eksekusi, sehingga menciptakan illusi bahwa
masing-masing environment menjalankan komputernya [terpisah] sendiri.VM muncul
karena adanya keinginan untuk menjalankan banyak sistem operasi pada satu
komputer.Teknologi virtual machine memiliki banyak kegunaan seperti
memungkinkan konsolidasi perangkat keras, memudahkan recovery sistem, dan
menjalankan perangkat lunak terdahulu. Salah satu penerapan penting dari
teknologi VM adalah integrasi lintas platform. Beberapa penerapan lainnya yang
penting adalah:
·
Konsolidasi
server.
Jika beberapa server menjalankan
aplikasi yang hanya memakan sedikit sumber daya, VM dapat digunakan untuk
menggabungkan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga berjalan pada satu server
saja, walaupun aplikasi tersebut memerlukan sistem operasi yang berbeda-beda.
·
Otomasi
dan konsolidasi lingkungan pengembangan dan testing.
Setiap VM dapat berperan sebagai
lingkungan yang berbeda, ini memudahkan pengembang sehingga tidak perlu
menyediakan lingkungan tersebut secara fisik.
·
Menjalankan
perangkat lunak terdahulu.
Sistem operasi dan perangkat lunak terdahulu dapat
dijalankan pada sistem yang lebih baru.
·
Memudahkan
recovery sistem.
Solusi virtualisasi dapat dipakai untuk rencana
recovery sistem yang memerlukan portabilitas dan fleksibilitas antar platform.
Virtual machine (VM) adalah suatu environment,
biasanya sebuah program atau system operasi, yang tidak ada secara fisik tetapi
dijalankan dalam environment lain. Dalam konteks ini, VM disebut “guest”
sementara environment yang menjalankannya disebut “host”. Ide dasar dari
virtual machine adalah mengabtraksi perangkat keras dari satu komputer (CPU,
memori, disk, dst) ke beberapa environment eksekusi, sehingga menciptakan
illusi bahwa masing-masing environment menjalankan komputernya [terpisah]
sendiri.VM muncul karena adanya keinginan untuk menjalankan banyak sistem
operasi pada satu komputer.Teknologi virtual machine memiliki banyak kegunaan
seperti memungkinkan konsolidasi perangkat keras, memudahkan recovery sistem,
dan menjalankan perangkat lunak terdahulu. Salah satu penerapan penting dari
teknologi VM adalah integrasi lintas platform.
·
(+)
Kelebihan Virtual Machine (VM)
Teknologi VM memiliki beberapa
keunggulan, antara lain :
Hal keamanan. Memungkinkan untuk mendefinisikan suatu jaringan dari Virtual Machine (VM).
Hal keamanan. Memungkinkan untuk mendefinisikan suatu jaringan dari Virtual Machine (VM).
·
(-)
Kekurangan Virtual Machine (VM)
Beberapa kesulitan utama dari konsep VM,
diantaranya adalah :
Sistem penyimpanan.
Pengimplementasian sulit.
Sistem penyimpanan.
Pengimplementasian sulit.
Source:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar